Mengenal 4 Elemen Blog

 

mungkin kita pernah berpikir bahwa blog itu rumit,sulit,kompleks dan sebagainya? ya..mungkin saja selama ini kita sering berselancar diinternet dan melihat banyak sekali web dan blog yang bertebaran dengan berbagai jenis genre yang menyajikan berbagai jenis informasi, bahkan bisa saja membuat kita tenggelam dalam arus informasi tersebut hingga tak jarang kita merasa kelebihan informasi sampai merasa kebingungan untuk memilih informasi yang mana yang sesuai untuk diterapkan pada diri kita. sebagai contoh : kita mencari informasi mengenai “membuat blog” saat kita mecoba mencarinya pada search engine seperti google maka akan muncul hasil pencarian mengenai kata kunci tersebut dengan jutaan web/blog yang menyajikan informasi tentang “membuat blog” mulai dari membuat blog gratis,membuat blog bisnis,membuat blog yang dahsyat,serta berbagai macam info tentang membuat blog tersebut, masing masing blog memberikan cara dan teknik yang berbeda sehingga kita bingung memilih cara mana yang sesuai.

pengalaman saya yang sering mencari informasi diinternet pernah mengalami hal demikian namun saya memiliki cara untuk mengatasinya yakni melakukan penyederhanaan dengan memilah elemen penting sebuah informasi, contohnya adalah : ketika saya ingin mempelajari tentang blog maka saya membuat sebuah pemilihan elemen penting  dari blog. seperti yang saya tulis sebelumnya di mengenal apa itu blog , bahwa blog itu sederhananya hanya terdiri dari empat elemen utama yakni : website, konten, penulis,dan pembaca dan dimana ke empat elemen inilah yang saling berkaitan erat untuk membangun atau menciptakan sebuah blog yang sukses mencapai tujuannya.

website

elemen pertama yang akan muncul ketika kita ingin membahas tentang blog adalah website karena memang blog itu adalah sejenis website yang menggunakan platform blog. nah dari elemen website ini akan muncul berbagai macam kategori kategori yang menyusun sebuah blog, berikut kita coba menguraikannya satu per satu;

website

website adalah sekumpulan halaman web yang diakses melalui satu domain atau subdomain dan data dari setiap domain ini disimpan pada sebuah server hosting.

Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengenali ip dari web server yang kita gunakan , misal untuk IP: 123.456.789.0 diberi nama domain = domainku.com. nah domain inilah yang kita gunakan untuk menampilkan web atau blog baik itu menggunakan CMS maupun menggunakan halaman html statis.

Hosting

Hosting adalah sebuah jasa layanan server untuk menyimpan data data dari domain yang kita miliki, dan biasanya dilengkapi dengan perangkat perangkat untuk melakukan pengelolaan bagi pemilik domain.

CMS

CMS atau content management system adalah sebuah aplikasi web yang menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman seperti PhP,java,flash,html,dll untuk mengatur atau memanage sebuah web serta mempermudah pengeloalaan sebuah web baik tampilan,plugin maupun isinya, contoh CMS adalah VBulettin untuk pengelolaan forum web, wordpress dan joomla untuk blog engine, mediawiki untuk web glossary, e-commerce untuk web jualan online,dan masih banyak lagi contoh CMS yang lain.

Blog engine

Blog engine adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk blog menggunakan CMS yang dirancang khusus oleh vendor untuk memudahkan penggunanya dalam membuat dan mengelola blog.

  • contohnya adalah blog engine gratis:  wordpress.com yang menyediakan layanan blog gratis untuk penggunanya, contoh blog engine gratis lainnya blogger.com,livejournal,opendiary,blogdetik. blog engine gratis ini menyimpan semua data dari penggunanya pada server milik mereka atau bisa dengan mengintegrasikan domain pengguna namun tetap dengan blog enginenya sebagai platform blog mereka. contohnya domainsaya.com yang menggunakan platform dari blogger.com
  • blog engine yang lainnya adalah dimana pengguna platform blog menyimpan sendiri data mereka pada server hosting mereka sendiri, contohnya wordpress.org dan joomla, mereka hanya menyediakan CMS untuk platform blog namun domain dan hosting disediakan dan dikelola sendiri oleh pengguna.
  • dari blog engine ini terdapat beberapa hal yang menjadi bagiannya diantaranya adalah: themes atau template, plugin, widget, dan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang diintegrasikan untuk sebuah blog engine tertentu.

framework

framework adalah bagian dari pengembangan sebuah platform, framework atau kerangka kerja ini dibuat untuk memudahkan dalam pengembangan wordpress khususnya themes agar lebih fleksibel sehingga seorang designer themes bisa lebih mudah untuk membuat design dengan berbagai pilihan framework yang ada, dengan menyederhanakan penggunaan bahasa pemrograman. contoh framework yang tersedia bisa lihat disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s